Oleh: nay4rabbit | September 30, 2009

Penyakit Pada Kelinci [Part 2]

Kali ini Nay4Rabbit akan melanjutkan kembali untuk sedikit membahas penyakit yang masih berhubungan dengan pencernaan kelinci. Seperti halnya manusia, kelinci pun bisa mengalami sembelit. Penyakit sembelit pada kelinci sama saja dengan penyakit sembelit pada manusia dimana si kelinci akan mengalami kesulitan dalam membuang feses/kotoran. Tanda2 kelinci yg mengalami sembelit adalah sbb,

  • Feses keras
  • Jumlah feses lebih sedikit dari biasanya
  • Volume air seni sedikit
  • Air seni berwarna pekat/hitam

Penyebab sembelit pada kelinci pun sama dengan pada manusia, yaitu kurang makanan berserat dan asupan air minum. Jika kelinci yg mengalami mencret disebabkkan karena terlalu banyak mengkonsumsi serat(>22%), maka penyebab sembelit justru sebaliknya. Selain serat, kurangnya asupan air minum juga menyebabkan kelinci mengalami sembelit. Pekatnya warna air seni kelinci menunjukan bahwa zat terlarut dalam air seni jauh lebih tinggi dibanding zat pelarut(air). Kurangnya asupan air minum selain menyebabkan kelinci mengalami sembelit, pada jangka waktu yg lebih panjang akan dapat menyebabkan kelinci tersebut menjadi kanibal

Penyebab sembelit pada kelinci lainya adalah karena ukuran kandang yang terlalu kecil kurang lebar maksudnya :) . Ukuran kandang kelinci yg terlalu kecil membatasi pergerakan kelinci, sehingga kelinci kurang bergerak. Sistem pencernaan pada kelinci yg pasif/jarang bergerak akan lebih lambat dibandingkan pada kelinci yg aktif. Singkatnya penyebab sembelit pada kelinci sama dengan penyebab sembelit pada manusia, yaitu kurang serat, kurang minum dan kurang olahraga.

Sembelit pada kelinci dapat ditanggulangi dengan cara,

  • Mengganti hay (sayur yg sudah dilayukan) dengan sayuran segar dan mengandung banyak serat (sawi, kangkung,dll) atau air (tomat, ketimun,dll)
  • Memberikan minum kepada kelinci
  • Melepaskan kelinci untuk beberapa waktu agar kelinci dapat bergerak/olahraga sehingga memperlancar sistem pencernaan kelinci tersebut,  tapi awas jangan sampe masuk angin ya ntar sembut sembelitnya langsung kembung, kan cilaka :P .

Semoga bermanfaat :)

Mohon maaf apabila ada yang kurang berkenan :)

Salam Kelinci Mania

Nay4Rabbit’s


Responses

  1. gimana kalau kelincinya sukar minum?

    • Dear Imam,

      Pada dasarnya setiap makhluk hidup butuh air, begitu juga dengan kelinci.
      mungkin kelinci sukar minum karena memang kebiasaan tidak pernah diberi minum pada awalnya, atau bisa juga air minum dah berubah rasa dan aromanaya.

      Untuk itu dibiasakan mulai kecil kelinci diberi minum, dan klo bisa air minumnya diganti maksimal 2 hari sekali tidak perlu menunggu sampai airnya habis, dan diusahakan tempat minumnya supaya dbersihkan atau dicuci cupaya tidak ada lumutnya.

      Semoga bisa bermanfaat, dan tidak bermaksut untuk menggurui siapapun

      Trims,.
      -Nay4Rabbit’s-

  2. kelinciku pilek..
    bersin2 teruss. dikasih obat apa y..???

    • Dear Sari,

      menurut pengalaman pada kelinci kami,
      klo pilek bisa dikasih obat pilek buat balita..
      yg sirup itu lho….
      misale bodreksin pilek, hufagrip ato laine..
      yang penting kasih setengah dosis anak
      usahakan sampai sembuh….
      Usahakan juga klo pagi kelincinya dilepas sebentar
      begitu mbak….

      Makasih
      -Nay4Rabbit-

  3. Kelinci betinaku kena penyakit mata “beleken”. Menurut saran beberapa orang, aku memberi obat Cendo Xitrol.
    Setelah 4 hari kuteteskan, mata kelinciku sepertinya bukan membaik, justru makin parah.
    Yang tadinya masih berwarna coklat dengan sedikit berair dan kotoran yang muncul terus, sekarang jadi tertutup selaput putih.
    Warna coklat pada matanya sudah tidak terlihat lagi.
    Apa yang harus kulakukan?
    Tolong responnya segera.
    Thx

    • Dear Siska,..

      Coba beli ke Apotek tanyakan saja ke Apoter obat tetes mata untuk penyakit beleken tapi buat anak2, soalnya Cendo Cintrol itu dosisnya memang tinggi, klo gak salah itu buat mata merah.

      Biasanya kita pake Cendo Vasacom….

      Makasih
      -Nay4Rabbit-

  4. kelinci ku kuping sebelah kananya tidak berdiri itu kenapa yua????
    pa tuw menunjukan klo kelinci ku sakit???

    • terus klo pipisnya warna kuning pekat apakah tuw kurang air ya???? atau memang begitu???

  5. kenpa ya ..kaki kelinci q sblah kanan mengalami benjolan yg sbesar ekar n ad putih sprti nana
    ap benar kelinci q mengalami abses?
    gmna ya cara ngatasi nya .makasih sbelum nya ;)

  6. kelinci ku di dekat lengan dada nya ada benjol besar berwarna merah trz…benjonya katanya penyakit abses ?…… trz dikasih obat apa ya.. yang bisa nyembuinya

  7. aku mau tanya beberapa pertanyaan nih boleh nggak?
    1kelinciku kok sering minum air ya, g kaya biasanya. Apa itu tanda suatu penyakit?
    2.sekitar 1 bulan yang lalu kelinci ku kena mencret, tapi dia sekarang sudah sembuh, cuma dia masih menunjukan tanda2 penyakit perut seperti kaki yang dimajukan kedepan, suara gigi yg gemerutuk, tapi kotorannya tidak mencret kok

  8. mas naya..mohon bantuannya ya..
    ni ak punya kelinci, umurnya baru 3bulan..
    awalnya dia aktiif banget..
    tp akhir2 ini nafsu makan dia agak berkurang..ditambah lagi telinganya jatuh sebelah..
    itu knp y..
    makasi sbelomnya..

    *arinta. :)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: