Oleh: nay4rabbit | Oktober 5, 2009

Tingkah Laku Kelinci Kita [Part 2]

Para kelinci mania, artikel ini adalah merupakan kelanjutan dari artikel ke-1. Ternyata untuk membahas tingkah laku kelinci tidak cukup dibahas dalam satu halaman saja. Ternyata masih banyak lagi tingkuh laku kelinci yang menggemaskan itu. Maka pada kali ini Nay4Rabbit’s sedikit membahasnya.

Ciuman kelinci

Wah, Kamu kotor sekali... Aku bersihkan ya...Waduh, Kamu kotor sekali…  Sini aku bersihkan ya…

Aktifitas ini mungkin tidak asing lagi, sama seperti hewan peliharaan lainnya baik kucing maupun anjing yang kita pelihara. Suatu waktu kita melihat mereka menciumi satu sama lain dan juga menjilati bulu-bulunya. Ternyata prilaku ini juga berlaku bagi si Kelinci. Tujuan dari aktifitas ini adalah untuk membersihkan dan merawat bulu-bulu mereka, mereka dapat melakukanya sendiri. Jadi pertanyaan apakah kelinci tersebut perlu mandi? tentunya sudah bisa terjawab ya. Prilaku kelinci yang seperti ini bisa juga tidak terhadap kelinci lainnya tetapi pada anda, dan ini berarti bahwa kelinci tersebut menyukai dan merasa aman bersama anda.

Respons terbaik anda: Meskipun kita gemes dengan prilaku kelinci kita, tapi tetap berhati-hati untuk tidak menciumi kelinci kita secara berlebihan karena tetap saja ada potensi bahwa bulu-bulunya akan ikut masuk kedalam sistem pernafasan terlebih lagi jika anda memiliki riwayat alegi. Jadi yang wajar-wajar saja.

Menghentak-kan Kaki Belakang
ihhh.. apan tuch!!! Dug Dug.., Dug Dug..!!!Hayo.. apaan tuch!!! Dug Dug.., Dug Dug..!!!

Prilaku ini juga merupakan prilaku umum yang sering terlihat, ia dengan keras menghentakkan kaki belakangnya pada lantai / tanah yang dipijaknya, tapi tahukah anda apa maksudnya?. Ini adalah salah satu cara kelinci untuk memperingatkan kelinci yang lain bahwa ada hal yang menakutkannya. Makanya kenapa kelinci tidak begitu suka dengan kegelapan, karena ia adalah hewan yang mudah kaget.

Respon terbaik anda : berikan penerangan yang cukup pada tempat memelihara kelinci anda, sehingga tidak ada kekhawatiran bagi si kelinci. Jika ia ditempatkan dalam ruang yang gelap dan melihat gerakan (orang masuk ruangan) maka ia akan melakukan hal ini.

Meloncat-loncat

Hore... I'm free..!!!Hore… Aku bebas..!!!

Pernahkah anda mengurung kelinci anda dalam waktu yang cukup lama? coba sesekali lepaskan di halaman, maka prilaku ini akan ditunjukannya. Yup, ini adalah merupakan ekspresi kebahagiaan kelinci. Meloncat, berlari, meloncat, berlari seakan-akan berkata kepada kita “Aku bebas…”.

Reponse terbaik anda : Perhatikan gerakannya dan nikmatilah kebahagiaannya.

Berdiri dengan kaki belakang

Okay..keadaan aman, lompat gak ya...???Okay..keadaan aman, kabur gak ya…???

Biasanya prilaku ini diistilahkan “telescoping” dimana si kelinci mengintai dahulu area yang tidak terlihat dengan posisi normal. Prilaku ini akan sering terlihat jika si kelinci akan melompati sesuatu yang menghalanginya.

Respons terbaik anda : Tidak perlu melakukan apapun, kecuali jia kelinci ini dipelihara didalam rumah. Bisa jadi lompatannya merusak benda-benda disekitarnya. Hindari benda-benda yang bisa membuat kelinci anda melompat.

Demikian sedikit sharing tambahan, semoga menambah wawasan bagi para kelinci mania :D

Mohon maaf apabila ada yang tidak berkenan :)

Salam Kelinci Mania

-Nay4Rabbit’s-


Responses

  1. tolong minta alamat lengkap peternakanya Mas,Insyaalloh saya segera kesana.kalo bisa sms alamat ke Hp. 081335905986

    • Boleh mas Juned silahkan mampir ke tempat kami, ntar saya sms alamatnya.
      Klo bisa hari sabtu – minggu aja ya mas, maklum mas saya pegawai ^_^ jadi waktunya dibagi sama pekerjaan.

      Klo boleh tahu mas Juned dr mana nih, siapa tahu saya juga bisa silahturahmi kesana sekalian liat kandangnya.

      Trims,.

      -Nay4Rabbit’s-

  2. lucu sekali kelincinya

    • Makasih dah mampir dan beri coment
      Memang kelinci hewan yang lucu dan menggemaskan kok, dengan segal tingkah lakunya

      Trims,.
      -Nay4Rabbit’s-

  3. bagus rubriknya,banyak tips-tips yang bsa d dpt..
    Update truz y infonya..

    • Makasih Banyak Mas Sony atas komentarnya.
      Mudah – mudahan artikelnya bisa menambah manfaat.

      Insya Allah klo ada waktu dan artikel yg berguna untuk menambah wawasan tentang perkelincian akan kita posting terus.

      Mohon dukungan dan doanya ya… ^_^

      Salam Kelinci Mania

      -Nay4Rabbit’s-

  4. Aq di minggiran nih mas,tmpat peternakany dimana ya?Kn aq dikediri juga. .
    Bisa sms 085735000068,aq m0 nanya2 tntang kelinci nie. .

    • Boleh mas, dateng aja langsung ke Perum Puri Asri.
      Ntar bisa sharing2 biar tambah ilmu dan sekalian silaturahmi jg
      Tapi sebelumnya telp dulu ya.

      Trims

      –Nay4Rabbit’s

  5. Perum puri asri tu mana se mas?
    N0.tlpny brapa?hp aja,jd bisa sms,hehe. .
    Aq ada bnyak bgt pertnyaan,ntar klo aq tertarik,aq bsa beli kelinci se X an. .
    Soalny kelinciq jenis lokal,pengen yg hotot ato lop. .

    • Di daerah Kaliombo depan SMP 2 Kediri,
      Untuk no. HP ada dihalaman kontak Nay4Rabbit.
      Ntar klo mau maen sbaiknya telpon dulu aja, soalnya pada kerja.

      Ditunggu kedatangannya lho…. ^_^

      Trims,..
      -Nay4Rabbit’s-

  6. shampoo yang bagus buat kelinci apa ya ??

    • Dear Hedar,

      Biasanya sih kita gunakan shampoo kucing yg ada di pet shop gtu pilihannya banyak kok tinggal disesuaikan aja denga bulu kelincinya. Soalnya gak ada shampoo yg khusus buat kelinci

      Trims,.
      -Nay4Rabbit-

  7. biar kelinci cpt gemuk gmn caranya yaa….???

    • Dear Nthy,

      Klo ini si gampang aja….
      pokoknya jangan sampaikan telat kasih makannya, tapi jangan terlalu sering juga kasih makannya, biar tidak kembung.
      Jangan lupa beri air minum dan ganti setiap hari air minumnya.
      Dan jaga suhu kondisi kandang yg sejuk dan pastikan juga kandangnya tidak sempit dan aman dari predator.
      Beri si kelinci tambahan multivitamin sehingga tidak gampang sakit serta usahakan jangan sampai si kelinci stress.

      Semoga bermanfaat…

      Makasih
      -Nay4Rabbit’s-

  8. kakk ….!!!!

    bisa sms k’nomor ini gg kak 085737190741
    sz.a saia maw tanya banyak tntng klinci pliharaan saia ….

    mohon ya kak d’telp …..
    terimakasih

    • Dear Gita,

      Bisa sms aja ke no hp yg tertera diatas, ntar pasti kita balas kok, klo gak pas lagi sibuk, klo sibuk paling kepending sampe sibuknya kelar aja. hehehehe….

      Makasih dah mampir dah kasih comment.

      -Nay4Rabbit’s-

  9. mas kalo kelinci jenis karpet bagusnya pke shampo apa ya?

    • dear Andre…

      tergantung bulunya tersebut…
      Klo memang badan nya sudah bersih dan yakin tidak ada tick dan flea nya bisa pake penghalus bulu.
      Tapi klo ada jamur bisa menggunakan shampoo khusus jamur

      Semoga bermanfaat

      Salam Kelinci mania
      -Nay4Rabbit’s-


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: