Oleh: nay4rabbit | Januari 7, 2010

Grooming atau Memandikan Kelinci

Sudah lama juga Nay4Rabbit gak upload postingan karena biasa akhir tahun banyak kerjaan dan banyak liburan juga, jadinya gak sempat update hehehe….

Berikut ada beberapa artikel tentang cara Grooming atau memandikan kelinci, ternyata kelinci juga bisa dimandikan juga lho teman – teman seperti kucing dan anjing, tetapi tetap perlu juga perlakuan yang khusus mengingat kelinci beda dengan kucing/ anjing (ya iyalah).

Tujuan dilakukan Grooming atau memandikan yaitu menghilangkan bulu mati dan menyisirnya. Waktu yang diperlukan hanya butuh 45 -60 menit sampai dengan kelinci benar-benar kering dan wangi. Hal ini dilakukan untuk merawat rambut agar tidak gimbal (hair ball), terutama kelinci berambut panjang seperti Anggora, American Fuzzy Lop, Lion dll. Setelah dilakukan grooming rambut akan menjadi indah, sehat dan wangi.

Rambut yang panjang perlu dipotong. Bagi kelinci berambut panjang yang belum pernah dicukur, perlu dilakukan pemotongan total. Tak perlu gundul, sisakan 1-2 cm. Rambut akan tumbuh dengan bagus. Satu siklus pertumbuhan rambut kelinci 6-12 bulan. Pencukuran maksimal 2 kali dalam setahun.

Setelah rambut tumbuh bagus, pencukuran total tidak perlu lagi. Cukup rapikan bulu 2-3 bulan sekali. Pertumbuhan bulu cukup pesat apabila makanannya berkualitas. Pemotongan meliputi area mulut,kaki dan anus . Agar tidak menganggu waktu makan dan jalan. Juga tidak kotor waktu buang air besar dan kencing.

Beberapa peralatan mandi kelinci :

  1. Dua buah bak mandi
  2. Peralatan keramas
  3. Shampo
  4. Handuk bersih dan hair driyer
  5. Sisir
  6. Bedak
  7. Cadangan air hangat
  8. Cotton bud, baby oil dan gunting kuku
  9. Cologne bayi
Kelinci dapat dimandikan apabila berumur  3 bulan atau lebih. Kalau belum cukup umur jangan dimadikan dulu, karena struktur tubuhnya belum sempurna. Kalau belum bisa mandi, coba dibiasakan mengenal air secara bertahap. Awalnya cukup dilap dengan air hangat. Setelah terbiasa dengan air, tenang dan suka , baruselanjutnya boleh dibasahi. Yang terpenting saat melakukan Grooming/mandi kondisi harus dipastikan kondisi sehat wal’afiat pastinya.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memandikan kelinci :
  1. Jangan memaksa kelinci yang tak mau mandi
  2. Sebaiknya gunakan air hangat untuk mandi
  3. Gunakan shampo bayi atau shampo kucing
  4. Jangan merendam kelinci yang belum biasa mandi
  5. Air jangan sampai masuk hidung atau telinga
  6. Keringkan segera setelah mandi

GROOMING atau MEMANDIKAN KELINCI

Untuk menjaga kebersihan Kelinci kesayangan kita, alangkah baiknya perlu dimandikan agar badannya bersih dan bebas dari penyakit kutu atau tungau. Dengan mandi dan grooming , bulu kelinci akan tumbuh dengan baik dan terawat.
Proses  grooming  dan pada kelinci sebagai berikut :

1. Sediakan air hangat

  • Siapkan dua bak air hangat, untuk mandi dan bilas. Bila pakai bak mandi untuk bayi atau ember plastik lebar. Kondisi air hangat-hangat kuku. Isinya setengah dari tinggi kelinci
2. Basahi Kelinci

  • Masukkan kelinci dalam bak mandi. Arahkan kelinci membelakangi Anda, agar tidak mencakar seandainya berontak. Usapkan air hangat dari belakang ke arah depan. Usap rambut agar air hangat meresap sampai ke kulit. Sebelumnya , tutup kuping kelinci dengan kapas agar tidak kemasukkan air.
3. Keramas dengan shampo

  • Angkat kelinci dari bak untuk dikeramas. Letakkan di ats perlak bayi, usapkan sampo merat ke seluruh tubuh. Boleh pakai sampo kiiten ( anak kucing ) atau sampo bayi . Agar merata samponya, pijit sampai kekulit tubuh, usap bagian yang mudah kotor dan susah dijangkau. Misalnya telapak kaki, sekitar anus dan daun telinga
4. Bilas sampai Bersih
  • Masukkan lagi kelinci dalam bak untuk dibilas. Guyur dengan air hangat pelan-pelan sembari mengusap rambut dan kulit dengan tangan. Pindahkan ke bak bilas yang sudah dipersiapkan. Guyur dan usap berulang-ulang. Lakukan sampai sampo benar-benar bersih dari rambut dan kulit.
5. Angkat dan keringkan

  • Setelah bersih, angkat dari bak lalu titiskan rambut dengan handuk kering. Lalu rambut dikeringkan dengan hair drier sambil disisir. Semua bagian tubuh harus kering, termasuk bagian perut, lipatan kaki dan telinga.
6. Bersihkan telinga dan kuku

  • Lubang telinga perlu dibersihkan dengan cotton bud. Carnya, bashai cutton bud dengan baby oil, lalu bersihkan lubang telinga secara lembut dan hati-hati. rapikan kuku menggunakan gunting. Pemontongan bisa sebelum mandi
7. Taburi bedak

  • Potong rambut bagian tertentu, misalnya sekitar anus, agar tidak terkena pup dan pipisnya. Rapikan bagian kaki agar tidak menganggu gerak. Agar aromanya wangi, taburkan bedak bayi atau kitten. Bila perlu tambahkan dengan menyemprot baby cologne biar lebih wangi. Setelah semua beres , berikan makan untuknya. Usai mandi, nafsu makan kelinci luar biasa. Makannya sangat lahap.

Semoga bisa menambah ilmu dan manfaat bagi pecinta kelinci semua.

Mohon maaf apabila ada yang tidak berkenan :D

Best Regard’s

-Nay4Rabbit-

Sumber materi dan gambar : Flona Serial -Majalah Flora Fauna ( Buku Pintar Memelihara Kelinci dan Rodensia )

Untuk menjaga kebersihan Kelinci kesayangan kita, alangkah baiknya perlu dimandikan agar badannya bersih dan bebas dari penyakit kutu atau tungau. Dengan mandi dan grooming , bulu kelinci akan tumbuh dengan baik dan terawat.
Proses memandikan dan grooming pada kelinci sebagai berikut :

1. Sediakan air hangat

  • Siapkan dua bak air hangat, untuk mandi dan bilas. Bila pakai bak mandi untuk bayi atau ember plastik lebar. Kondisi air hangat-hangat kuku. Isinya setengah dari tinggi kelinci
2. Basahi Kelinci

  • Masukkan kelinci dalam bak mandi. Arahkan kelinci membelakangi Anda, agar tidak mencakar seandainya berontak. Usapkan air hangat dari belakang ke arah depan. Usap rambut agar air hangat meresap sampai ke kulit. Sebelumnya , tutup kuping kelinci dengan kapas agar tidak kemasukkan air.
3. Keramas dengan sampo

  • Angkat kelinci dari bak untuk dikeramas. Letakkan di ats perlak bayi, usapkan sampo merat ke seluruh tubuh. Boleh pakai sampo kiiten ( anak kucing ) atau sampo bayi . Agar merata samponya, pijit sampai kekulit tubuh, usap bagian yang mudah kotor dan susah dijangkau. Misalnya telapak kaki, sekitar anus dan daun telinga
4. Bilas sampai Bersih
  • Masukkan lagi kelinci dalam bak untuk dibilas. Guyur dengan air hangat pelan-pelan sembari mengusap rambut dan kulit dengan tangan. Pindahkan ke bak bilas yang sudah dipersiapkan. Guyur dan usap berulang-ulang. Lakukan sampai sampo benar-benar bersih dari rambut dan kulit.
5. Angkat dan keringkan

  • Setelah bersih, angkat dari bak lalu titiskan rambut dengan handuk kering. Lalu rambut dikeringkan dengan hair drier sambil disisir. Semua bagian tubuh harus kering, termasuk bagian perut, lipatan kaki dan telinga.
6. Bersihkan telinga dan kuku

  • Lubang telinga perlu dibersihkan dengan cotton bud. Carnya, bashai cutton bud dengan baby oil, lalu bersihkan lubang telinga secara lembut dan hati-hati. rapikan kuku menggunakan gunting. Pemontongan bisa sebelum mandi
7. Taburi bedak

  • Potong rambut bagian tertentu, misalnya sekitar anus, agar tidak terkena pup dan pipisnya. Rapikan bagian kaki agar tidak menganggu gerak. Agar aromanya wangi, taburkan bedak bayi atau kitten. Setelah semua beres , berikan makan untuknya. Usai mandi, nafsu makan kelinci luar biasa. Makannya sangat lahap.

Sumber materi dan gambar : Flona Serial -Majalah Flora Fauna ( Buku Pintar Memelihara Kelinci dan Rodensia )


Responses

  1. Kelinci saya masih keci, sewaktu saya beli ada beberapa bulu yg gimbal, bgaimana cara saya untuk membersihkan bulu terrsebut

    • Mas Dedai,
      mungkin sebaiknya sebelum grooming ada baiknya di potong dulu bulu yang gimbal untuk lebih mudahnya bisa menggunakan bedak kucing atau bayi dulu sebelum disisir supaya lebih mudah memilah bulu yang gimbal. Setelah itu barulah dipotong bulunya.

      Trims,.
      -Nay4Rabbit’s-

  2. Kelinciku kata yg jual umurnya 2blnan..
    Masalahnya skrg bulunya kotor bgt, di sekitar muka, tangan dan kaki, karena dia ngusap2 mukanya pake tangannya yg kotor itu..
    Trs ada bulu yg gimbal jg.. Karna klo motong sendiri bulunya, agak takut, soalnya kurang berpengalaman.. Hehehee..
    Ada cara lain ga ya? Dah coba pake tissue basah, tp malah kemana2 kotornya.. =((
    Klo dimandiin, kata bbrp situs, kelinci kecil ga bole dimandiin..
    Tolong ya..
    Thx a lot!! ^^

    • Dear Marry,

      emang betul kalau usia trelalu muda sebaiknya janga dimandiin/grooming.
      Untuk menghilangkan bulu kotor bisa menggunakan handuk diberi air hangat dengan catat handuk diperas sampai kering jangan sampai basah setelah dibersihkan dehan handuk basah jgn lupa segera dikeringkan.
      Atau jika cara pertama tidak bisa, dipotong bulunya yg kotor ntar dia akan tumbuh bulu yg baru, klo takut potong bulu nya jangna terlalu dalam2.

      Semoga bisa membantu.

      Trims,.
      -Nay4Rabbit-

      • katanya kan klo mandiin klinci hruz usia man 3 blan,gmana nich biar kita bisa tau klinci kita umurnya dah berapa?cz aq baru x ni ngerawatin klinci..
        truz kalo misalkan tubuh klincinya gmeteran berarti pertanda apa ya?
        tlong sarannya ya,thankz..

  3. cara memasukkan kapas ke dlm telinga si kelinc bagaimana???

    ^_^ o.O

    itu ajach…
    TRIMS

  4. oh…iya saya sekalian mw tanya tentang cara mencukur bulu kelinci.selain cara artikel di atas,ada cara lain gak???soalnya saya blm pernah memelihara kelinci sebelumnya,baru kali ni saja,itu jg masich nyoba2.biasa…..kurang berpengalaman..
    tolong di jelaskan yach…!!!

    itu ajach pertanyaan dariku mohon partisipasi nya ya
    TRIMS MEITA

    • Dear Meita,

      Klo untuk memasukkan kapas ke dalam telinga kelinci bisa menggunakan cotton bad punya bayi sekalian dikasih baby oil.
      Sedangkan untuk mencukur bulu bisa menggunakan gunting atau pakai clipper, tinggal dicukur aja mana rambut yg sudah panjang atau hairball, tapi ingat klo cukur bulu diusahakan yg sama antara kanan dan kirinya biar tidak “petal”

      Demikian penjelasannya semoga bermanfaat.
      Selamat memelihara kelinci ya, jangan lupa kelincinya dirawat yg baik

      Trims,.
      -Nay4Rabbit’s-

  5. di daerah bandung ada ngk groming buat kelinci soal nya kelinci saya kotor sekali. dan bnyk orang bilang kelinci tidak bisa di mandikan?? betul tdk?

    • Dear Charles,

      Klo lokasi pastinya didaerah Bandung kita juga kurang tahu, tapi biasanya dipetshop yg menerima grooming kucing biasanya mau kok. Toh shampoo, bedak, dan parfumnya juga pake produk buat kucing juga.

      Pada dasarnya kelinci bisa juga dimandikan kok. Orang kucing aja yg takut air juga mau kok dimandikan.
      Asalkan pada waktu kita mandikan kangan sampe kepala dan telingannya basah, dan setelah mandiin segera utk cepat2 dikeringkan biar si kelinci tidak sakit.

      Makasih
      -Nay4Rabbit-

  6. saya punya kelinci umurnya 3 bulan,apa boleh dimandikan?
    dan tolong jelaskan bagaimana cara mencukur dan menggunting kuku pada kelinci

    • Dear adhyka,

      Biasanya kita gak pernah mandikan atau grooming kelinci diusia segitu.
      Minimal 5 bulan keatas. klo umur dibawah itu kita sih biasanya cuma di kasih bedak kucing trus kita blow…… kemudian kita sisir.

      Klo utk mencukur atau menggunting bulu tidak ada standartnya, asalnya bulu yg kita potong tadi rapi.

      Makasih
      -Nay4Rabbit-

  7. aku kan baru pertama kali punya kelinci nih. nah, umur nya skrg ini udh 3 bulan. udh mau aku lap pake kain basah tp knp dia gak dkt” ya sm aku. jd agak susah di lap. klo di ajak main bukannya main malah ngumpet di bawah bangku. kelinci ku ini jantan. sendirian sih. gmn ya cara bersihin kelinci ku yg satu ini ?
    makasih Feybien

    • Dear Feybien

      Coba lebih dekat dulu dengan kelinci anda, sehingga si kelinci sudah merasa nyaman dengan anda.
      Bisa dengan cara kelinci dipangku kemudian sambil dibersihkan.

      Usahakan buat si kelinci nyaman dulu, baru anda bersihkan kelincinya

      Makasih.
      -Nay4Rabbit-

  8. ka nay aku mau tanya dong, kelinci ku jenis anggora inggris , aku baru pnya kelinci jenis anggora . nah hampir 1 bulan kelinci ku hampir ga keurus ka, nah buluny itu kenp jd ngegulung kaya yg mau copot gt ya ka?tp sebagian bulunya udah copot tp jd nempel sama bulu yg blm copot mba, kira kira itu karna apa ya?

    apa karna makananny yg kurang bags?biasany aku ksh pelet, tp berhubung toko kelinciny tutup jdi di ganti dengan kangkung ka .
    makasih :)

  9. Numpang nanya dunk, aku baru bli kelinci … keliatannya masih muda, lucu seh … cuman sayang bulunya yang putih disekitar perut, kaki sama tanganya kuning dan ada bekas pub … boleh ga yach di cuci langsung? atau ada trik ga yah untuk membersihkan kotoran di bagian tersebut …
    Sebelumnya Salam kenal yah …

    : )

    • Dear Mrcjr,

      Untuk kelinci yg masih muda, sebaiknya jangan digrooming dulu.
      Cukup dengan mandi kering saja dulu.
      Caranya tinggal beri bedak ke bulu yang kotor tsbt kemudian sisir dengan lembut.
      Klo mas nya berani boleh juga dipotong bulu yang berwarna kuning tsb.
      Insya Allah ntar tumbuh bulu baru yg putih.
      Jangan lupa juga bersihkan kandangnya selalu dan jangan agar kandang tetap kering.

      Semoga bermanfaat

      Makasih
      -Nay4Rabbit’s-

  10. Kelinci aku namanua pickle, trs dia garuk2 trs, tp sudah dilihat ngga ada koreng atau apapun jug, dia jenisnya lop.
    Gmn ya itu?
    Pickle usianya 2 bulan.
    tapi pickle tetep lincah dan makannya byk.
    Cpt bales yah…

    • Mungkin ada kutu kecil didalam badan pickle, sehingga si pickle suka menggaruk – garuk tubuhnya.
      Klo pengalaman kami coba deh diberikan bedak kucing yg thick and flea, utk cocok utk membasmi kutu2 yg ada dibadannya.

      Semoga bermanfaat.
      -Nay4Rabbit’s-

  11. mo nnya nih,.udah 5 hr kelinci saya bafsu makanya berkurang tp badanya g anget,.terus kurang lincah,knp ya??pdhl saya g pernah telat kasih makan n minum,.trus tiap hari d bebasin d taman yg ada rumputnya,t[ akhir2 ini sukanya malah mojok dan tidur,.mnta penjelasanya,.thx

    • Coba dicek apakah si kelinci sedang sakit.
      Bisa jadi sakit pilek, ato cek juga paka kaki2nya apakah mungkin kena scabies.

      Sebelum diobati penyakitnya, si kelinci tetap akan lesu ato tidak semamngat.

      Salam kelinci
      -Nay4Rabbit’s-

  12. nay4rabbit,aq boleh tanya gk,klinci q itu bru 3 mnggu yg lalu melahirkan…
    trus skrng susu pda induk klinci mulai mngecil sehingga anak nya tidak mau menyusui lgi…apakah induk klinci hamil lagi? soal nya brp hri yg llu induk klinci menikah lagi

    • Dear Meifi,

      Idealnya kelinci yang habis melahirkan boleh dikawinkan lagi 2 bulan setelah ia melahirkan.
      Sebab kasih anak2 kelinci yg masih kecil2 padahal mereka butuh ASI dari induk nya min. 30 – 45 hari.
      Apabila sebelum 1 bulan sudah disapih si anak kelinci tersebut rawan terhadap penyakit, sehingga gampang sakit sehingga cepat mati juga.

      Lain kali gunakanlah tabel / kalender untuk mengatur siklus kawin indukan kelinci tersebut.

      Semoga bermanfaat

      Makasih
      -Nay4Rabbit’s-

  13. thanks atas infonya…

    • Yup sama2 …..

      Semoga bermanfaat….

  14. aq mau tnya nich,kelinci aq skrng lg sakit jamur,kaki n telingax brjamur smua..n bdnx skrng jd kurus,biarpun mknx bnyk.untk pnyembuhanx d ksh obat ap yach????mohon balasanx….

    • Dear Ria,

      Dari info Mbak Ria kemunginan kelinci tersebut terkena penyakit Scabies.
      Untuk pengobatannya bisa disuntik dengan Wormectin ato Intermectin.
      Apabila takut menyutiknya bisa diberikan saleb, nama salebnya scabis cream ato bisa juga beli salep anti jamur untuk manusia bisa pake daktarin ato canesten.

      Semoga kelincinya cepat sembuh.

      Makasih
      -Nay4Rabbit’s-

  15. saya mau tanya ukuran standar kandang kelinci brp,,agar bisa kawin,coz kelinci pnya saya sdah dwsa..N apa sh perbedaan yg jantan ATW betina..mklumlah blm berpengalaman..mkch salam kenal..??

    • Dear Adnan,

      Salam kenal juga,

      Klo masalah ukuran kandang tergantung dari jenis kelinci.
      Klo kelincinya besar berarti space kandangnya juga semakin besar juga.
      Tapi klo kelincinya kecil kandangnya juga bisa agak kecilan.

      Untuk ukuran kandang di NayaRabbit pxlxt 70x60x60 dan 90x75x60 buat indukan.

      Klo untuk perbedaan antara jantan dengan betina yg jelas bisa diliat dengan jelas dibagian alat kelaminnya dengan cara menekan sedekit alat kelaminnnya. Untuk cara yang lebih detail bisa diliat di arikel kamin.

      Semoga bermanfaat.

      Makasih
      -Nay4Rabbit-

  16. ka nay.. mau nanya nih…
    1. hidung kelinci saya kotor , kaki dan tangannya juga.. dia sering garukin hidungnya dan pas garuk kondisi tangan nya tuh bekas menginjak air seninya… jadinya sekarang bulu disekitar hidungnya melengket jadi sata dan jadi terlihat daging nya… gimana ya cara benerin n cara bersihinnya..?
    2. kotoran kelinci ku agak lunak dan berlendir, kayaknya kembung, harus kasih obat apa ya? aku kasih norit dicairin dia gak mau..

    tolong bantuaannya pliss… kelinci saya sudah mati 1, saya jadi trauma dan ingin mengurus yang satu ini sebaik mungkin… T___T
    thx before… .. .. ..

  17. kelinci q g tau umurnya. q juga g tau jenisnya apa. warnanya kayak sapi. trus dia juga suka gemetaran n jilat tangan q. napa ya? qoq bisa gitu? trus buang kotorannya suka dimana-mana. q belum terlalu ngerti gimana cara ngerawatnya. tolong cepat balas ya….

  18. gimana cara bedain jantan ma betina? trus, cara ngetahuin umurnya? juga suka ngendus-ngendus itu napa, ya? cepat balas dong…

  19. cara bedain jantan ma betina tu gimana?
    tau umurnya dari mana?
    tolong jawab ya… cepat blz

    • Dear Najwa,

      Maaf ya, soalnya lagi sibuk sama kerjaan jadi gak sempat liat blog apalagi jawab comment.
      Klo untuk bedainnya jenis kelaminnya gampang aja kok.
      Pada dasrnya seperti yang ada diartikel tersebut.
      Jelas terdapat perbedaan fisik di alat kelaminnya.

      Klo liat umurnya itu juga tergantung sama jenis kelincinya juga, tp klo sudah dewasa ( diatas 6 bulan) yang pasti alat kelaminnya tampak jelas.

      Semoga bermanfaat.

      Makasih
      -Nay4Rabbit-

  20. qoq gak dijawab? Kalau kaki kelinci berdarah, dikasih betadine, gak?

    • Dear Najwa,

      Sabar ya MBak…..

      Klo kaki terluka boleh kok dikasih betadine, tapi sebelum diberi betadine diusahakan agar darah atao kotorannya dibersihkan dahulu baru diberi betadine.
      Dan setelah diberi betadina mohon supaya loka tersebut ditutup dengan kain supaya kelincinya tidak jilat2 betadine nya.

      Semoga bermanfaat.

      Makasih
      -Nay4Rabbit’s-

  21. saya baru memelihara kelinci. usia kelinci kira2 2bln.
    saya mau tanya, untuk makanan lebih baik mana untuk perkembangannya? diberikan sayuran atau makanan sjenis pelet..
    thanx

  22. mbak, gimana caranya memasang saleb di kaki kelinci yg terkena scabies krn kelincinya berontak terus (kelinci saya jenis anggora umurnya udah 6 bulan

  23. selain pke hairdrayer ngeringin na bisa pke yg laen g soal na saya mw bli d omelin kta na boros
    hehehehehehehe

  24. boleh tanya gk ????
    gmna sih untuk kita bisa liat kelinci yg kita rawat sehat apa tidaknya …

    thank

  25. Saya punya kelinci jantan, tapi dia skrg ga betah dikandangin trus maunya ke rmh tetangga terus.. kandang yg ideal spt apa ya utk dia (4 bln). dari kawat boleh? soalnya saya nemu luka dekat kuku kaki depannya. Gunting kuku pake gunting kuku org bisa ga?

  26. saya punya kelinci, sudah agak lama. tapi sekarang saya ada pertanyaan, kelinci saya terserang tungau telinga dan tungau bulu gimana cara membasminya ya?

  27. Saya mau bertanya. berapa kali kelinci mandi dalam seminggu? berapa kali kelinci makan dalam sehari? makan nya jam berapa aja?

    Pliiz di jawab karena saya baru pertama kali berpengalaman memelihara kelinci.

  28. akhirnya ada manual yang ada gambarnya.

    tulisannya membantu sekali,

    terima kasih ya.

    Nya4Rabbit

    • Dear Chandra,.

      Makasih sudah mampir ya.
      Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu.
      Selain itu juga tambah sayang dengan kelincinya.

      Makasih

  29. Hay nay…
    sebelumnya Salam kenaL yah aku vivie…
    nay aku baru di kasih kelinci,dari pertama vi kasih makan klincinya sayur-sayuran aja…
    lalu kata temen vi supaya kelinci sehat dan tahan lama harus di kasih pelet kelinci…
    tetapi waktu vie kasih pelet ke kelincinya kok dy gak mau makan yah,dy malah tetep makan sayur-sayuran dan acuhkan peletnya begitu aj..
    gimana yah nay caranya supaya dy mau makan pelet kelincinya…?

    Makasih Nay…!^_^

  30. kok kelinci saya kejang2 ( apabila disamakan dengan manusia )
    knapa ya ??? penyebabnya dari faktor apa ?

  31. mas berapa kali saya harus memandikan kelinci?
    Trus apakah memandikan kelinci ini ada efek sampingnya

  32. terima kasih naya :)

  33. Mau tanya, urgent nih.. Kelinciku lagi kejang-kejang ni dan pipis terus,tadi ketahuan pas hujan kelincinya gak bisa bergerak/berdiri. Apa karena kedinginan ya? Tadi langsung aku hangatin pake hair dryer.. Masalahnya ini kelinci induk (jenis holland) yg masih menyusui 2 anaknya berumur 2 mingguan. Mohon solusi dan sarannya guys.. Thx

  34. MB NAY,SAYA PNY KELINCI ANGGORA.DIA KURUS SKLI.BIKIN DIA GEMUK GMN YA?
    BTW TU KELINCI GIMBAL RAMBUT NYA BGIAN ANUS DAH SUSAH DI BERSHKAN..GMN CRA NYA BERSIKAN KRN DA MELEKAT DENGN KULIT,TRUS TU KL BIS SAYA MANDIKAN SAYA KERING KAN PK HSNDUK DAN DIJEMUR.BLEH ?

    • dear Shearly,..

      Sebaiknya jangan dijemur deh klo bisa kelincinya.
      Klo mau di mandi kering cukup dikasih bedak aja kemudian bulu disisir sampe rapi, apabila ada yang menggumpal bisa digunting bulu tsb tapi ingat harus hati-hati ya…
      Setelah hairball sudah bersih bisa di kasih parfum dan di hairdryer sebentar, pasti si bunny jadi harum….

      Semoga bermanfaat

      Salam Kelinci mania
      -Nay4Rabbit’s-

  35. anakku hari minggu kemarin baru beli kelinci sepasang jantan-betina dan berumur 2 setengah (betina) dan lbh muda seminggu (jantan) kata penjualnya. hingga pagi hari ini sdh diberi makan rumput dan wortel saja. untuk yg betina tdk ada perubahan apap2, nafsu mknnya msh tinggi. tp sebaliknya dgn yg jantan. entah knp kencingnya bnyk sekali dan pubnya spt cairan kental (tdk bulat2 spt sblmnya). dan jk diberi makan tdk bernafsu, hanya diam saja dan hny tiduran saja. ada apa ya dgn si jantan? apakah sakit? tks b4

    • Dear Pak Haryo,…..

      Kemungkinan kelinci jantan milik bapak sedang sakit, kemungkinan si jantan lambat beradaptasi dengan makan baru yang bapak berikan,
      Bisa jadi menu makanan yang diberikan penjual beda dengan yang bapak berikan.
      Sebetul gampang kok kasih makanan kelinci, yang penting dijemur dulu sampai layu sebelum diberikan ke kelinci
      coba dikasih rumput aja pak lebih murah dan gampang yang penting sebelum dihidangkan dijemur dulu ya….

      Semoga bermanfaat

      Salam Kelinci mania
      -Nay4Rabbit’s-

  36. kaka saya desi ..
    kak mau nanya doong minta saraanya.. penting bangeet ..

    gini loh ka waktu itu aku beli kelinci yang umurnya udah 2 bln lebih cuman blm nyampe 3 bln .. waktu pertama sih masih bersih .. nah sesudah 3 harinya kelicinya itu kotor banget .. mau aku bersihin udah malem .. nah terpaksa besoknya aku mau mandiin tapi masalahnya kan kata kaka kelinci yg umurnya di bawah 3 bln ga boleh di mandiin ..
    aku takut dia matii, si bulunya itu rontook .. trus kotor banget sama bauu pipisnya diaa .. malah udah ngeras di bulunya ..
    aku harus gmna kak? supaya dia bersih dan wangi lagi .. biar aku bisa ngelus” dia lagi ..?

    • kak tolong dong baless :(

    • Dear Desi,..

      Jawabannya idem seperti yang diatas.
      Cuama saya copy paste lagi hehehe…

      Bisa dengan mandi kering….
      Cukup dikasih bedak trus disisir bulunya, apabila ada yang menggumpal bisa digunting bulu tsb tapi ingat harus hati-hati ya…
      Setelah hairball sudah bersih bisa di kasih parfum dan di hairdryer sebentar, pasti si bunny jadi harum….

      Semoga bermanfaat

      Salam Kelinci mania
      -Nay4Rabbit’s-

  37. kaka saya desi ..
    kak mau nanya doong minta saraanya.. penting bangeet ..

    gini loh ka waktu itu aku beli kelinci yang umurnya udah 2 bln lebih cuman blm nyampe 3 bln .. waktu pertama sih masih bersih .. nah sesudah 3 harinya kelicinya itu kotor banget .. mau aku bersihin udah malem .. nah terpaksa besoknya aku mau mandiin tapi masalahnya kan kata kaka kelinci yg umurnya di bawah 3 bln ga boleh di mandiin ..
    aku takut dia matii, si bulunya itu rontook .. trus kotor banget sama bauu pipisnya diaa .. malah udah ngeras di bulunya ..
    aku harus gmna kak? supaya dia bersih dan wangi lagi .. biar aku bisa ngelus” dia lagi ..?

    • Dear Desi,..

      Bisa dengan mandi kering….
      Cukup dikasih bedak trus disisir bulunya, apabila ada yang menggumpal bisa digunting bulu tsb tapi ingat harus hati-hati ya…
      Setelah hairball sudah bersih bisa di kasih parfum dan di hairdryer sebentar, pasti si bunny jadi harum….

      Semoga bermanfaat

      Salam Kelinci mania
      -Nay4Rabbit’s-

  38. salam kenal…. saya mau tanya
    bagaimana kelinci yang kita pelihara biar jinak ama kita?
    kalao nggak ada hairdrier ngeringin bulunya pakay pa ya?(alat lain)
    terima kasih sebelumnya…. semoga cepat dibalas yaaaa…… ^_^

    • Dear Mei…..

      Bisa menggunakan handuk kering dan Kain Kanebo…

      Salam Kelinci Mania
      -Nay4Rabbit’s-

  39. oh iya ada satu lagi alat2 untu mandi kering pa2 aja?

    • dear Mei…

      Klo kita biasanya….
      1. Air hangat
      2. Bak Mandi
      3. Handuk
      3. Shampoo
      4. Puf Kucing
      5. Sisir
      6. Bedak
      7. Hair dryer
      8. Parfum….

      Salam kelinci mania
      -nay4Rabbit’s-

  40. Ass…. salam kenal… sya ada beberapa pertanyaan…
    1. kalo untuk ngeringkan bulu kelinci selain menggunakan hair drier ,,, gunakan apa ya?(alternatif lain)
    2. cra menjinakkan kelinci?
    3. cara menggunting kuku kelinci?
    Mohon bantuannya….

    • Dear mei

      Walaikumsalam wr. wb.

      1. Klo untuk ngering bulu yang paling cepat memang harus menggunaka hair driyer, tapi klo tidak ada bisa pake handuk yang kering sambil digosok2an ke badan kelinci, cara ini harus cepat, takut klo gak sampe kering kelinci bisa masuk angin dan untuk bulu yang panjang bisa menggumpal.

      2. Klo untuk menjinakkan kelinci bisa dengan cara perbanyaklah interaksi dengan kelinci tersebut, bisa menganjak main, menganjak jalan, dll.

      3. Klo untuk menggunting kuku kelinci, biasanya kita menggunakan gunting kuku manusia cuma yang agak besar klo gak bisa juga dengan gunting kuku kucing.

      demikian, semoga bermanfaat.

      Salam Kelinci mania
      -Nay4Rabbit’s-

  41. klo, mandiinnya g pake hair drier bsa g

    • kasi tahu dong mba nay

      • klo mandiin di petshop biasanya brp

    • Dear Irvan,…

      Bisa menggunakan Handuk yg kering dan lap kanebo…..

      demikian, semoga bermanfaat.

      Salam Kelinci mania
      -Nay4Rabbit’s-

      • di lap pake handuk dlu pa kanebo

      • mba kelinciku bagian anusnya kotor terkena pup gi mana cra ngilanginnya
        kelincinya bar umur 2 bln

  42. mba nay aku mau nanya

    1.makanan lebih bagus hatory apa yumy buny

    2.vitamin yg bagus apa

  43. thanks atas info nya Nay4Rabbit’s…..
    tapi sya mw tanya lagi….
    *kalau kelincinya di jemur sehabis mandi boleh nggak?

  44. salam kenal saya mw tanya donkk.. saya punya kelinci umurnya udah 10 bulan, gmna carany br dy ga brontak pd saat mandi?? susah bgt buat dy bsa tenang.. pasti kabur-kaburan.. dy jg takut sama suara hair dryer >.< jd susah bgt buad mandiin n motong buluny..

    udah gt kelinci sy suka makan biskuit R*MA apakah it ga masalah but ksehatanny??

  45. Memandikan kelinci berapa kali dalam 1 bulan?
    kemudian untuk soal mkanan, untuk kelinci umur 3-4 bulan ada makanan apa aja yg penting, soalny ada yg pernah bilang umur segitu kalo d kasi kangkung kelincinya diare, bener ga ya?
    kalo kena diare diobatinny bagaimana?
    thx ya ^^

  46. hmm aku mau nnya donk..
    kelinci aku brnama rizni ko susah sekli d’kasih pelet tapi klau d’kasih wortel lnsung dmakan umur rizni 1 bulan..
    pa kah dy boleh d’mandiikan??
    trus d’kaki’y bulu’y kuning semua gimana tuk ngbersih kan yah..???
    toling d’bntu :)

  47. mba kelinci ku kotor banget ampe kaki n badannya kena pupnya dia saya mau mandiin dia tp takut soalnya katanya ga boleh mandiin kelinci…
    saya uda coba potong bulu yang kena pupnya tp masi banyak gt da kering2x gt saya juga ada nyari pet salon yg bisa grooming kelinci tp lom dapaet 1 pun. da saran ga mba pet salon yang grooming kelinci di daerah jakarta
    makas….

  48. kelinci 1 bulan dimandiin berapa kali ya…
    thanks

    • Dear Rahma,

      Sebaiknya jangan dimandikan dulu deh.
      Nanti aja klo sudah agak cukup besar, ya sekitar umur 3 bulan keatas.

      Makasih

  49. kelinci yg umurnya 3 bulan boleh gk di mandiin??

    tanya yuaaaa

  50. salam
    saya aya
    kelinci saya sepertinya diare. bagaimana pengobatannya?
    dan makanan apa yg cocok untuk kelinci anggora?
    terima kasih

    • Dear Aya,

      Coba dikurangi minumnya, dah untuk makanan yang banyak mengandung kadar air agar dijemur dulu sampai kering.

      Makasih

  51. saya mau tanya kelinci saya mata sebelah kanan kelopak mata atas dan bawahnya memerah begitu juga dalamnya, kadang dia tidak mau untuk membuka mata sebelah kanannya, tapi tidak mengeluarkan cairan ataupun kotoran/belek yg berlebih, saya sudah mengobatinya menggunakan obat tetes mata selama 2hari, tp belum ada perkembangan. Apakah itu iritasi ringan atau luka dalam? Bagaimana mengobatinya?

  52. bagaimana cara mengatasi bulu kelinci angora yang sudah gembel ataw mungkin ada sampo yg bisa menghaluskan bulunya ? Mohon info x tks

  53. saya mau tanya , kelinci anggora saya tuh gesit bgt . trs paling susah digunting kukunya , soalnya dia gak bisa diam . cara yg tpt bagaimana ?

  54. satu lagi , cara membedakan kelinci jantan degn betina bagaimn ? apakah bisa dilihat secara fisik ?

    • untuk membedakan h=jenis kelamin tinggal lihat secara fisik nya
      gampang banget kok ngeliat nya

  55. Thanks atas. Fostinganxa? Aku jd bsa rawat n madiin klinci ksyngn Q drmh hehe mantapzzzz

  56. kelinciku umur 3 bln, trus banyak bulu yang gimbal. uda sempet coba potong sendiri bagian2 yang kusutnya cuma hasilnya gak bagus karena jadi panjang pendek bulunya. kalo kayak gini mending dibiarin sampe tumbuh lagi bulunya atau dipotong sekalian semuanya?

  57. mau nanya kalau untuk mencukur bulu kelinci pakai mesin apakah bisa pakai alat cukur rambut orang

  58. Hi there would you mind letting me know which web host you are working with?
    I’ve loaded your page in 2 completely different browsers and I will have to say this blog site loads a lot faster then others. Can you suggest a good internet hosting company at a reasonable price? Thanks a lot, I appreciate it! Plz also excuse if my english is not good enough.

    • thank your….

  59. […] kalo mw lebih lengkap lagi bisa lihat disini http://nay4rabbit.wordpress.com/2010/01/07/grooming-atau-memandikan-kelinci/ […]

  60. mbak saya mau tanya gimana cara ngobatin kelinci yang kena jamur nd budikan ,makasih

    • tinggal beli aja salep kulit di Apotek.
      bisa juga digunakan untuk kelinci juga cuma dosis nya dikurangi

      Trims

  61. kalo kelinci kutuan gimana? pake shampo cukup? atau harus disuntik? waktu itu pernah ke petshop tp cuma dikasih cairan gitu disekitar leher. dan kayaknya ga mempan soalnya masih garuk-garuk.. mohon infonya :)


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: