Oleh: nay4rabbit | Oktober 1, 2009

Kelinci Juga Butuh Minum

Para pengunjung yang tercinta…  Kali ini Nay4Rabbit ingin sedikit sharing ya mengenai betapa pentingnya minum buat kelinci, meskipun dalam kandungan pakan kelinci yang berupa sayur – sayuran sudah terdapat kandungan air, coba amati dalam forum-forum kelinci di Indonesia, banyak sekali pertanyaan-pertanyaan seputar pemberian minum bagi kelinci dan berbagai macam pula jawaban yang diberikan.

Kali ini Nay4Rabbit akan coba kita ulas sedikit untuk menanggapi pro dan kontra yang terjadi dalam masalah ini.

kelinci-butuh-minum

Kelinci dapat kehilangan/menghabiskan hampir sebagian lemak dibagian tubuh depannya dan kehilangan lebih dari 50% pada tubuhnya untuk dapat bertahan hidup. Tetapi kekurangan cairan yang hanya sepersepuluh dari masa tubuhnya, maka bisa membawa petaka ke arah kematian kelinci tersebut.  Sama seperti manusia, bahwa air adalah kebutuhan yang sangat penting dan menjadi kebutuhan utama bagi setiap organ-organ tubuh. Tanpa air, tidak ada sari-sari makanan yang bisa diserap. Pengeluaran limbah-limbah yang berbahaya bagi tubuh kelinci melalui urine juga sangat tergantung dari kecukupan jumlah air yang diberikan.

Lha kan kelinci sudah makan sayur/daun-daunan yang mengandung banyak air?. Betul tetapi air yang dihasilkan tersebut jumlahnya adalah sangat kecil dan air tersebut dinamakan “Metabolic water” atau air hasil metabolisme tubuh. Ibarat kelinci makan sayuran itu seperti kita makan sayur juga kan tetap butuh air minum to. 😀

Kebutuhan akan air bagi kelinci adalah sangat bervariasi, dilihat dari faktor usia bahwa kelinci yang masih mudah membutuhkan air lebih banyak dari pada kelinci yang lebih tua dan kekurangan air pada saat awal kehidupan kelinci akan dapat memperlambat pertumbuhannya.  Faktor lainnya adalah faktor cuaca dan faktor pakan yang diberikan. Pada cuaca yang sangat panas dimana matahari bersinar terang, kelinci dapat kehilangan cairan sebanyak 100 cc per jam dan tentunya lebih sedikit (kurang dari 80 cc) pada saat musim mendung/hujan. Pemberian pakan yang tinggi serat, protein dan mineral juga sangat membutuhkan pemberian cairan yang lebih banyak.

Tidak semua pakan kelinci memiliki kandungan air yang sama, jika anda memberikan kelinci anda lobak/wortel maka kandungan air didalamnya adalah sekitar 95%, sayur-syuran / rumput sekitar 85% -97%, hay & concentrat adalah 55%. Dengan melihat komposisi air dari pakan yang anda berikan maka anda akan bisa memprediksi seberapa besar kebutuhan air bagi kelinci anda.

Jadi jangan pernah lupa untuk senantiasa mengontrol botol  minum kelinci Anda sebelum semuanya terlambat.

Semoga bermanfaat, dan mohon maaf apabila bila kurang berkenan😀

Salam Kelinci Mania

-Nay4Rabbits-


Responses

  1. saya setuju dengan kelinci harus diberi minum!!! Karena bagaimanapun makhluk hidup perlu air yang cukup !
    Pertanyaan saya apakah kelinci kecil atau habis di sapih langsuh boleh di kasih minum?
    Terima kasih.

    • Kelinci habis sapih ditempat kami memang diberi air minum Mas Mukhlis cuma gak perlu banyak – banyak biar gak gampang sakit.

      Semoga bisa bermanfaat.

      Salam Kelinci Mania

      -Nay4Rabbit’s-

  2. gak juga mas terkadang ada juga yg bener2 gak mau diberi minum
    jadi tinggal dari peternaknya sendiri, gimana cara merawatnya mulai dari kecil
    seperti orang yang gak pernah sarapan, kalo sarapan malah muntah. seperti itu

    • Saya setuju dengan pendapat Mas Nophie….
      Emang itu semua tergantung dari kebiasaan kelinci itu sendiri di pemilik sebelumnya.

      Kan kelincinya mengikuti kemauan sang pemilik, meskipun kadang tidak sesuai dengan keinginan si kelinci tsb.

      Trims,.

      -Nay4Rabbit’s-

  3. itu botol minumnya buat sendiri (gimana caranya) atau ada yg jual
    tanda-tanda kelinci mau melahirkan gimana.
    soalnya kelinciku kemarin malam sampai jam 12 an melahirkan 9 anak. lalu ada semacam daging yang menempel ditempat keluarnya anak karena tdk ngerti dibiarin sampai pagi..ternyata ngga lepas juga. daging tsb dibantu melepaskannya (sepertinya ari-ari apa betul), setelah ditarik lalu digunting. cuma si kelincinya ngga ketolong, dia mati siangnya. Nah gimana cara menangani persalinan kelinci tsb.
    Ke dua karena si anak ditinggal induknya sementara dimasukkan dikotak lalu dikasih lampu 15 watt dan diberi minum susu sapi campur madu. gimana cara merawat anaknya ini dengan benar, apa minuman/makanannya, berapa kali ngasihnya terus berapa banyak. terima kasih mas atas sharenya mohon maaf baru belajar pelihara kelinci.

    • Mas Abu klo untuk botol minum tsb banyak dijual di petshop kok, perkiraan harga sekitar 15 – 25 ribu.

      Untuk masalah kelahiran kelinci dah diemail. Bisa dicek langsung diemailnya. solanya klo dibahas disini kepanjangan entar. hehehe…..

      Trims,.
      -Nay4Rabbit’s-

  4. Mas kelincik baru melahirkan trus anaknya dikubur apa g mati?
    Trus sy pindah dari tanah it k tmpat lain apa it g pa2

    • Enggak kok Mbak, itu biar anak2nya gak kedinginan.

      Boleh aja kok Mbak Erlia Putri memindah bayi kelinci tsb, asalkan pada waktu memindahkan kelincinya jangan sampai ada kontak langsung antara kulit kita dengan kulit kelinci.

      Selamat ya atas kelahiran anak kelincinya.

      Trims,.
      -Nay4Rabbit’s-

  5. Aku mau tanya gimna ya caranya biar terhindar dari penyakit scabies ? Padahal aku uda rajin bershin kotoranya trus nyuci kandangnya , aku pake kandang yang terbuat dari besi krum2 an gt .. ( Yang sring dibuat kandang klinci) gimna pengobatanya 5an cara mengatasinya ? Terimakasi

    • Dear Endah,

      Usahakan klo cuci kandangnya dgn sabun ato pake disifektan. setelah itu dikeringkan sampai kering.
      Klo bisa udara kandangnya jgn sampe lembab, soalnya klo lembab jamur bisa hidup dgn nyaman sehingga kelinci sering kena scabies ato penyakit kulit lain, minimal lokasi kandang ada sirkulasinya.

      Klo untuk pengobatannya bisa menggunakan salep ato disuntik.
      Klo saleb bisa menggunakan scabis cream sedangkan klo suntik bisa pake wormectin

      Semoga bermanfaat

      Trims,.
      -Nay4Rabbit’s-

  6. apa nggak ap ap klw mati gimana ?

    • dear Tsamara,

      Asalkan kelincinya sehat dan air minumnya bersih, serta tempat minumnya juga bersih…… Insya Allah kelincinya gak bakalan mati.
      Mengingat setiap mahkluk hidup butuh minum…..

      makasih

      -Nay4Rabbit’s-

  7. aku mw tanya… kok kelinci aku gk bs minum di tmpt botol yah… jd aku ks pke mangkok deh… gmn tuh??

    • Dear Nthy,

      Coba kelinci dengan sabar diajari minum dibotol.
      Untuk mangkoknya bisa dimbil dulu.
      Apabila kelinci haus coba dekatkan kelinci tsb dengan botol minumnya.
      Insya Allah lama kelama si kelinci terbiasa sendiri, karena pada dasarnya setiap mahkluk hidup membutuhkan air.

      Semoga bermanfaat

      Makasih
      -Nay4Rabbit’s-

  8. aku maw tanya nie ….
    hehehe…

    gimana sich cara motong kuku kelinci, ???
    sz.a kelinci.a gerak – gerak jadi takut salah motongg T_T …

    sama klo kita bersihin tlinga kelinci tu smpai k’dalam atau hanya smpai bagian luar.a sajaa ????

    mhon jwban d’kirim mlalui E-MAIL ….
    terimakasihh >_<

    • Dear Gita,

      Klo mau potong kuku kelinci, buat si kelinci nyaman dulu dengan kita dengan cara dipangku kelinci.
      Klo sudah kelincinya gak gerak2 baru silahkan dipotong kuku, tp klo masih gerak2 coba buat si kelinci nyaman dulu.
      dan klo potong kukunya janga terlalu sampe ke pangkal kuku ntar kukunya bisa berdarah, cukup sedikit aja.

      Klo bersihin telinga kelinci cukup bagian luar saja tidak perlu sampe kedalam2.

      Semoga bermanfaat

      Makasih
      -Nay4Rabbit-

  9. apakah klinci kecil, boleh di kasih susu??
    perlu info’a..

    • Dear Dika,

      tergantung susunya juga hehehe….
      ya klo susu banyak ya jangan lah, kan kandungan gizinya beda dengan kelinci.
      Tapi klo susu skim buat khusus kelinci sih ok2 aja.
      Malah bagus tuh kelincinya cepat gendut.

      Makasih
      -Nay4Rabbit’s-

      • emank ad yah susu kusus kelinci???
        klo msl’a d kasih susu bwt mnusia sdikit” gpp th??
        terus..
        lw kelinci di kash mnum kpn aj??
        thx ya.. buat info’a,,

  10. tapi kata orang kelinci gak boleh di kasih minum yang benar yang mana ya?

    • Dear Firdha,.

      Pada hakekatnya setiap mahkluk hidup menbutuhkan air itu kelangsungan hidupnya.
      Begitu juga dengan kelinci dia tetap membutuhkan minum selama dia hidup.

      mungkin orang yg kasih tahu bahwa kelinci gak boleh dikasih minum dia gak liat aja pas kelinci minum.
      Klo diliatin seharian terus pasti kelinci minum juga asalkan dikandangnya ada air minum ya.

      Makasih

  11. tapi kelinci aku aku kasih minum pake botol kok ga mau ya?

  12. mas mo tnya nih..
    saya nih baru pnya kelinci.. 2 pasang.. jenis anggora..
    baru 2 hari ini saya sllu kasih klinci saya kangkung doank.. tp ttep d kandang ny saya taroh pakan n air mnum. spaya dy klo bsan dgn kngkung.. bsa smbil mkan pakan ny.. yg saya mw tnya.. tuh kelinci sehari kdang habis 1½ ikat kngkung..tiap x abis mulu.. tp terkdang saya sulit jg cari kangkung.. apakah daun pepaya or singkong bisa jadi alternatif tuk mkanan klinci y mas ?? ap ad efek ny ?? bagusan yg mana mas d banding dgan kangkung ??
    mkasih y mas.. sowry sbelum ny udh bnyak nnya..😀 hhe..

    • Dear Dian,

      Pada dasarnya kelinci memang makan hijau-hijauan.
      Coba klo cari kangkungnya susah atau mahal bisa diganti dengan rumput lapangan atu rumput disekitar rumah aja. Kan klo rumpuut lebih murah n gak susah
      tapi sebelum dikasih ke kelinci sebaiknya dijemur dulu ya.

      Semoga bermanfaat

      Makasih

  13. aku mu tanya dunk, kelinci qu qo pipisnya kentel kekuningan gitu yua??? pa itu kekurangan air minum, atau penyakit, atau memang begitu pipisnya
    please blz yua thanks:))

  14. kelinci ku umur 2 bulan.. q kasi minum malah mencret2… padahal tdk banyak minum nya… n 2 hr kmudian mati… jadi mana bnernya ni?? padahal kandang bersih, baik, makan cukup… tolong info ny…

    • Dear Rezki,…

      Pada dasarnya semua makhlik hidup butuh air, karena air merupakan sumber kehidupan.
      jadi asumsi kelinci gak perlu dikasih minum salah, biasanya seperti didalam kandungan makan yg diberikan kadar airnya cukup banyak sehingga para penjual tidak perlu kasih air minum lagi.
      Coba banyaknya aja klo kita makan sayur klo gak minum kan rasanya giman gitu….

      yang paling penting air minum harus steril dan bersih, setiap hari harus diganti airnya.

      Demikian semoga bermanfaat.

      Salam kelinci mania
      -Nay4Rabbit’s-

  15. dear frisca..
    kelinci q awal ny jg gitu… g mau makan,, mencret,, lama2 mati… ap krna d kasi air minum y? soal ny kata si penjual g perlu d kasi minum…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: