Oleh: nay4rabbit | Oktober 8, 2009

Tips Memelihara Anak Kelinci

Membeli kelinci kecil memang menyenangkan, selain terlihat imut dan lucu, juga jinak. Bagi sebagian besar anak-anak akan senang bila memperoleh hadiah kelinci kecil tersebut. Tapi ingat … memelihara kelinci kecil gampang gampang susah. Selain suka ngambek makan juga kadang kurang bisa menyesuaikan keadaan dan akibatnya kelinci kecil bisa-bisa mati.

  • Kandang harus selalu bersih, sinar matahari bisa langsung masuk, tidak lembab dan usahakan terbuat dari ram-raman yang memungkinkan sirkulasi udara lancer. Baik terbuat dari bambu maupun kawat ram, yang anakanterpenting landasan untuk pijakan dibuat rata (dari papan juga bisa) asal lobang-lobang untuk memungkinkan kotoran bias terus jatuh kebawah.
  • Ukuran kandang di sekat perekor. Minimal ukuran 50 x 50 cm. Buatkan tempat makanan tersendiri agak tinggi agar tidak terinjak-injak.
  • Bagi kelinci siap beranak siapkan kandang yang lebih luas. Siapkan pula kotak kecil yang diberi rerumputan kering agar hangat dan nyaman untuk persiapan anak kelinci lahir.
  • Makanan bisa dari hijau-hijauan, misalnya : rumput lapangan atau kangkung dan sayur mayur yang lain. Usahakan rumput maupun sayur yang diberikan dalam keadaan layu, kecuali makan sendiri di alam saat dilepas.
  • Jangan dicuci agar kadar air dalam sayuran sangat rendah. Selain makanan tersebut, kelinci juga menyukai ubi jalar maupun pohon, dedak/ bekatul, bungkil kelapa dan sebagainya. Usahakan makanan kelinci tidak satu jenis secara terus menerus. Hal ini akan menyebabkan kelinci manja dan susah makan makanan yang lain.
  • Pemberian makanan yang tepat sore hari kira-kira mulai jam 18.00 sampai pagi hari jam 07.00. (kelinci biasanya makan sepanjang malam). Siang hari boleh diberikan makanan tambahan secukupnya.
  • Sediakan tempat makan tersendiri agar tidak terinjak-injak dan terkena kencingnya sendiri.

Usahakan agar kelinci muda tidak secara terus menerus terkena tanah yang becek dan lembab. Sebab akan terkena penyakit gatal. Semoga trik singkat ini akan bermanfaat bagi penggemar kelinci, khusunya pemula.

Diambil dari berbagai sumber di Internet.

Semoga bermanfaat dan mohon maaf apabila ada yang kurang berkenan.


Salam Kelinci Mania

-nay4Rabbit’s-


Responses

  1. gimana cara ngasih minum nya sih???
    di kasih minum dari mangkuk makanan nya ga mau banget!!!

    • Dear Gina,

      Tinggal kasih minum aja kok.
      Tapi jangan lupa dijaga kebersihan air nya jgn sampe tercemar sm kotoran ato makanannya dan diganti tiap hari.
      Usahakan kasih air yg bersih ya.

      semoga bermanfaat.
      trims,.
      -Nay4rabbit-

  2. kelinci umur 3 bulanan gitu udh boleh di kasih sawi sama kangkung gk sih. soalnya waktu itu aku tmpt beli nya katanya blm boleh di kasih ?

    • Dear Feybien,

      Boleh kok diberi sawi sama kangkung asalkan sebelum menyajikan ke kelincinya di layukan dulu ya, supaya ntar kelinci gak mencret karena kebayakan serat….

      Makasih
      -Nay4Rabbit-

  3. kelinci aku hidungnya kotor gt,kan jd jelek kasian,, bersihinnya gmn y kak? soalnya baru 3 bulan,,,

  4. aku mau tanya soal harga rata2 brapa sech?trus aku mau tanya knpa ya klinci ko mdah mati?soalnya aku punya klinci tp mati melulu,pdhal makan gak telat,kmbong jg lmyan brsih.knp ya?

  5. tapi kandan kelinci ku sdah di beri tempat makan yg cukup luas…
    dan tinggi dan banyak rerumputan di tempat makan kelinci ku..
    tapi slalu di naikin atau tidur di tempat makan….

  6. wah bagus tuh saya jadi kepingin ternak tapi saya gAK ADA bakat…….sukses selalu

  7. tanya, kelinci sy baru melahirkan gmn cr merawt anak yg msh muda

  8. Saya baru membeli anak kelinci yg berusia 2 bulan,

    Tapi saya bingung, setelah saya coba untuk memberi dia makan dengan makanan peler dan sayur-sayuran dia enga mau makan,
    Sekarang kondisinya lemes bgt,
    Saya sudah coba untuk memberikan dia susu kambing,
    Tetapi tetep masih kaya gtu juga,

    Trus saya harus kaya gemana supaya anak kelinci saya nafsu makan and enga lemes lagi ,?
    Mohon bantuannya,
    Terimakasih🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: