Oleh: nay4rabbit | Oktober 8, 2009

Tips Memilih Kelinci Yang Baik

Salam Kelinci Mania ! Karena lucu dan imutnya, kelinci sangat banyak digemari oleh orang2 yang baru saja mau memulai untuk memelihara hewan peliharaan dirumah. selain mudah didapati di seluruh daerah di indonesia, juga tidak terlalu membebani biayanya bagi para pemula.

Tapi sayang ada banyak hal yang sering luput dari perhatian dalam memilih kelinci. entah itu karena kurangnya informasi, atau mungkin juga ulah nakal si penjual yang tidak memberi informasi dengan benar. Akhirnya tidak lama setelah sampai dirumah, kelinci yang baru saja dibeli menjadi cepat mati. dan kalau hal ini berlarut, maka akan menjadi momok baru yang menakutkan, bahwa akan ada pemikiran orang2 malas memelihara kelinci.

Nah berikut, karena banyaknya permasalahan senada yg sering dialami, ada beberapa tips yang datang dari obrolan2 ringan dengan para Praktisi dan Pecinta Kelinci di Kediri serta dari pengalaman pribadi Nay4Rabbit sendiri, semoga bermanfaat:

  • Pastikan beli kelinci minimal banget umur 2–3 bulan. wajib tuh hukumnya. Karena pedagang biasanya jual kelinci belum selesai sapih.biasa lah kejar setoran urusan perut. lopterutama di pasar tuh. jangan malu dan ragu tanya umurnya. penjual kelinci yg baik biasanya akan mencatat tanggal kelahiran mereka.
  • Kelinci umur 1 -3 bulan masih sangat rawan suddendeath, karena pencernaannya belum sempurna/belum begitu kuat.masih rentan pergantian menu pakan, kualitas pakan dan daya tahan tubuh belum sempurna. ditambah lagi sering dipegang2 di bagian perutnya.
  • Cuaca sangat-sangat dan very mempengaruhi kondisi kesehatan dan bulu serta pertumbuhan kelinci. tapi bukan berarti kita tidak bisa pelihara kelinci di cuaca panas. pinter-pinter kita aja menyiasati suhu kandang. untuk kelinci memang jauh lebih nyaman dalam suhu yang sejuk ketimbang panas. tapi di Kediri yg cuacanya agak lumayan panas aja, bisa sehat dan ok tuh kelincinya.
  • Jangan lupa sediakan air minum.kalo anda sering liat dipeternakan tidak di kasih minum itu Salah gitu lho! mereka butuh air juga, namanya juga mahluk hidup mana ada sih yang tidak butuh air. kura2 aja butuh minum lho. bagus juga untuk pencernaannya. jauh lebih bagus minumnya air matang agar terhindar dari bakteri yg masih terdapat, terutama jauhi air PAM yang masih banyak mengandung kaporit.
  • Wajib kandang bersih plus jangan sampai terlalu lembab.
  • kalo mau di ternakkan lebih aman beli kelinci umur 4 – 6 bulan.more stronger dan lebih ekonomis.
  • Jangan berikan sayuran atau makanan langsung dari Kulkas, JANGAN..! Bahaya banget tuh. Lambungnya bisa kaget  trus kejang.

Demikian semoga artikel yang sedikit ini dapat menambah wawasan bagi pecinta kelinci mania🙂

Mohon maaf apabila ada yang kurang berkenan, karena artikel ini ditulis hanya untuk menanbah wawasan tanpa bermaksud menggurui siapapun.

Salam Kelinci Mania

-Nay4Rabbit’s-


Responses

  1. wow….keknya pecinta kelinci sejati nih

    • Ya gak juga sih Bos.
      Lagi belajar juga bagaimana cara beternak kelinci yang baek.
      Makasih dah mau mampir dan kirim coment.

      salam
      -Nay4Rabbit-

  2. Thanks bro! Lagi coba miara kelinci nie…

    • Selamat ya Bro, semoga artrikel bermanfaat nantinya dan tambang sayang ama kelincinya ya ^_^

      Salam Kelinci Mania

      – Nay4Rabbit’s-

  3. Salam kenal,

    dah 2 kali saya beli kelinci anakan, keduanya mati tidak sampai 1 minggu.

    yang pertama, mati karna istri menjemur kelinci berikut kandangnya di pagi hari dan lupa sampai kepanasan…kesimpulan mungkin mati kepanasan.

    yang kedua, 2 hari yg lalu saya beli anakan lagi. sengaja beli karna anak saya yg baru usia 1.5 thn, seneng bgt sama kelinci apalagi kalo liat iklan di TV, ini jg mati, Kesimpulannya. mungkin krn saya kasih makan dari sayuran yg saya simpan di lemari es ( ini saya tau dr artikel anda)

    dulu saya memelihara kelinci, begitu mudahnya. dari 2 pasang kelinci berkembang biak sampai dengan puluhan ekor. ga untuk jual seh, utk hobi ajah, tetangga n teman2 banyak yg kebagian anakannya.
    Thx infonya

    • Salam kenal juga Mas Deni.

      Saya sangat beryukur klo ada artikel kami bisa menambah wawasan anda tentang merawat kelinci.
      Meskipun kami juga sedang belajar untuk merawat kelinci juga, jadi mari sama merawat kelinci.
      Sebetulnya merawat kelinci susah susah sulit sih :))

      Trims,.
      -Nay4Rabbit-

  4. sy beli yg br berumur 1 bulanan..
    gmn tuh??

    • Yang jelas sih makanan sm minum jangan sampai kekurangan dan jangan lupa perhatikan perberian pakannya jangan sampai terlalu banyak hijau2an yg masih segar klo bisa dilayukan dulu sebaiknya.

      Jangan lupa juga lokasi kandangnya, jangan sampai terkena cuaca yg ekstrim (panas, angin, hujan) secara langsung.

      Memang lebih baik sih beli yang diatas 2 bulan, kelinci sudah cukup kuat.

      Btw selamatnya mas Imam dah mempuinyai kelinci baru n jangan lupa selalu dirawat ya…. OK

      Trims,.
      -Nay4Rabbit’s-

  5. kalo jenis kelinci rex anakan berapa harganya ??

    • Dear Hegar,

      Untuk anakan rex umur diatas 2 bulan kita lepas dari harga 50 rb – 100 rb
      Tergantung dari jenis rex dan proporsi badannya

      Trims,.
      -Nay4Rabbit’s-

      • kalo di kirim ke bandung bisa tidak ?

      • Dear Hegar,

        Bisa Mas

        Trims,.
        -Nay4Rabbit-

  6. Saya baru beli kelinci, baunya tidak enak. Mulai berapa bulan paling muda kelinci boleh dimandikan…Kalau mencret bagaimana cara meminumkan obatnya?

    • Dear Dian,

      Pengalaman kita kita sih obatnya di obat diacurin kemudian dikasih air secukupnya, kaya orang minum obat puyer gtu.
      Trus utk meminumkannya bisa pake spet suntik tp jarumnya jangan lupa dilepas ya. Kemudian dimasukan kedalam mulutnya.

      Makasih.
      -Nay4Rabbit-

  7. Eh untuk yang memandikan kelinci ternyata sudah ada postingannya juga ya…. Wah top banget Blog ini…
    Saya mau nanya lagi tips untuk mengajari kelinci buang air di tempat yang sudah disediakan, mohon share…

    • Dear Dian,

      Makasih ya, ini memuat kami semakin bersemangat utk posting artikel2 yang baru dan bermanfaat.

      Klo utk pup ditempat yg disediakan utk kelinci memang agak susah dan perlu belajar yg agak lama tentunya sang pemilikpun juga harus sabar dalam mengajari kelinci kesayangannnya.

      Klo utk cara2nya banyak kok dibuku2 kelinci.
      Cuma mohon maaf kita sendiri belom sempat mempraktekannya ^_^ karena banyak kelinci ditempat kita.

      Makasih
      -Nay4Rabbit-

  8. klo kelinci dimandiin bisa gak ???

  9. thanks infonya ^_^

  10. kalau kelinci minumnya pakai mangkuk atau pakai botol khusus?

    kalau botol khusus, botolnya yang kaya gimana?
    makasih^_^


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: