Oleh: nay4rabbit | November 3, 2009

Bahaya Udara Panas Bagi Kelinci

Bahaya Heat Stroke.

flam

waduh panasnya.....

Kelinci tidak dapat bertahan lama hidup pada temperature diatas 34° Celsius, ia dapat dengan mudah terserang heat stroke. Oleh karena itu, apabila kelinci Anda dipelihara di outdoor, Anda harus menyediakan tempat berlindung baginya (shelter) yang jauh dari serangan sinar matahari langsung.

Tanda-tanda heat stroke sangatlah nyata bagi kelinci yang menderita heat stroke akan kesulitan dalam bernapas, ia akan terengah-engah (kelinci tidak akan pernah bernapas dari mulut, kecuali saat ia mengalami kesulitan dalam bernapas), kelinci juga akan merenggangkan tubuhnya untuk mendinginkan tubuhnya, dan biasanya akan tampak terkulai lemas. Apabila tidak segera ditangani, dan dipindahkan dari lingkungan yang panas, kelinci akan mengalami pusing, bertingkah aneh, dan dapat mengalami gangguan yang hebat.Kelinci yang memperlihatkan tanda2 kehilangan kesadaran dan mengalami gangguan hebat, biasanya sangatlah dekat dengan kemungkinan mengalami kematian. Segeralah meminta pertolongan pada Vet (dokter hewan) apabila kelinci Anda mengalami hal ini, karena ia akan membutuhkan infus (intravenous fluids) dan cortiicosteroids untuk mencegahnya mati karena shock. Heat stroke adalah kondisi yang sangat berbahaya, yang dapat berakibat sangat fatal ataupun menyebabkan kerusakan yang permanen. Anda harus segera merawat kelinci Anda yang menunjukkan tanda2 awal terserang heat stroke, seperti kesulitan bernapas dan tampak lemas.

Penanganan yang dapat Anda berikan pada kelinci yang terserang heat stroke, antara lain adalah dengan mendinginkan temperatur badan kelinci Anda, dengan air suam-suam kuku, atau dengan air yang bertemperatur sesuai suhu ruangan/ room-temperature water (jangan pernah menggunakan air dingin  karena rasa dingin yang datang secara mendadak dapat menyebabkan kelinci shock. Salah satu cara untuk mengecek suhu air adalah dengan menyentuh air menggunakan tangan Anda, sama halnya saat Anda mengecek air yang akan digunakan bayi Anda). Cara kedua adalah dengan membasahi kelinci Anda dengan air tadi, gunakanlah perantara handuk yang sudah dicelupkan ke air. Anda juga dapat membasahi tangan Anda, kemudian belai dan pijatlah kelinci Anda secara perlahan tepat pada bagian bulu dan kulitnya (ulangi terus tindakan ini). Selain cara2 yang telah disebut diatas, Anda juga dapat menyemprotkan air secara perlahan ke kelinci Anda, dan lanjutkan terus dengan memijatnya agar air dapat menyerap ke seluruh bagian bulunya, termasuk juga pada bagian tengkuk dan perut.

Pada kondisi ini, berikanlah kelinci Anda makanan2 yang lembut, misalnya sepotong apel ataupun pisang, dan pastikanlah bahwa Anda selalu menyediakan air yang dapat dengan mudah ia raih. Kelinci yang menampakan tanda2 tidak merespon lingkungannya, dapat Anda bantu dengan memberikan air melalui spet (ataupun alat suntik  tanpa jarum), secara perlahan kedalam mulutnya (tepat dibelakang gigi depannya). Hal yang terpenting adalah untuk selalu menjaga suhu badannya dengan cara2 yang telah dijelaskan sebelumnya karena sama halnya dengan manusia. Anda akan merasa nyaman dan suhu tubuh Anda akan turun ke posisi normal ketika kulit Anda basah.

Cara lain yang kami pelajari dari para peternak kelinci khususnya saat Australia mengalami musim panas yang sangat menyengat, mereka meletakkan botol soft drink yang telah dibekukan, kemudian meletakkan botol itu didalam kandang2 kelinci. Kelinci2 mereka akan merebahkan tubuhnya diatas botol tersebut (hal ini kebalikan dari fungsi botol penghangat). Sayangnya, cara ini tidaklah berhasil pada kelinci2 kita, karena mereka akan mencoba untuk mengerat botol tersebut, sehingga kita perlu menyingkirkan botol tersebut sesegera mungkin. Cobalah cara ini apabila Anda mau, tapi tetaplah awasi kelinci Anda, pastikanlah bahwa ia tidak mengerat botol tersebut, karena ia akan mengalami problem pencernaan apabila ia memakan plastik ini, yang tentu saja akan menimbulkan masalah yang lebih kompleks lagi.

Pikirkan pula dimana letak yang paling nyaman untuk meletakkan kandang kelinci Anda… saat cuaca hangat, meletakkan kandang kelinci dilantai biasanya jauh lebih nyaman dan dingin dibandingkan meletakkannya diatas meja. Lantai adalah tempat yang paling sejuk untuk meletakkan kandangnya, apalagi bila lantai Anda terbuat dari bahan yang sejuk ataupun berbahan kayu.

Walapun suhu tubuh kelinci Anda sudah mencapai posisi normal, dan tidak lagi mengalami kesulitan bernapas, Anda tetap harus mengawasinya karena saat ia mengalami serangan heat stroke untuk pertama kalinya, akan ada banyak kemungkinan bahwa suatu saat nanti ia akan mengalami hal yang sama, khususnya dibeberapa hari kedepan. Awasilah kelinci Anda, dan jagalah suhu tubuhnya, pijatlah ia dengan tangan Anda yang telah dibasahi saat Anda melihat tanda2 ia mulai kepanasan.

source: http://au.geocities.com/leaswebsite…heatstroke.html

Translated By : Usagi

 

Semoga bisa menambah manfaat bagi kita semua. Mohon maaf apabila ada yang kurang berkenan.😀

 

Salam Kelinci Mania

 

-Nay4Rabbit’s-


Responses

  1. thanks ya…

    • Dear Dila,

      Sama – sama.
      Semoga bermanfaat.

      Trims,.
      -Nay4Rabbit-

  2. mau nanya nih…
    kelinci saya menggigil trus,, itu knp yah???
    tolong di kasih solusinx yah..^^
    makasih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: